Menu Tutup

Bootstrap

bootstrap
Bootstrap Logo

Twitter Bootstrap dibangun dengan teknologi HTML dan CSS yang dapat membuat layout halaman website, tabel, tombol, form, navigasi, dan komponen lainnya dalam sebuah website hanya dengan memanggil fungsi CSS (class) dalam berkas HTML yang telah didefinisikan. Selain itu juga terdapat komponen-komponen lainnya yang dibangun menggunakan JavaScript.

Bootstrap dikelola oleh tim pengembang kecil di GitHub. yang secara aktif ingin mengembangkan tim mereka dan ingin mendengar dari pengguna yang memahami tentang CSS dalam skala besar, menulis dan memelihara plugin JavaScript vanilla, dan meningkatkan proses pembuatan alat untuk kode antarmuka.

Awalnya dibuat oleh desainer dan pengembang di Twitter, Bootstrap telah menjadi salah satu kerangka kerja front-end dan proyek sumber terbuka paling populer di dunia.

Bootstrap dibuat di Twitter pada pertengahan-2010 oleh @mdo dan @fat. Sebelum menjadi kerangka kerja bersumber terbuka, Bootstrap dikenal sebagai Twitter Blueprint. Beberapa bulan setelah pengembangan, Twitter mengadakan “First Hack Week”  dan proyek tersebut meledak karena pengembang dari semua tingkat keterampilan terjun tanpa bimbingan eksternal apa pun. Ini berfungsi sebagai panduan gaya untuk pengembangan alat internal di perusahaan selama lebih dari setahun sebelum rilis publik, dan terus berlanjut hingga hari ini.

Awalnya dirilis pada Jumat, 19 Agustus 2011, Bootstrap telah merilis lebih dari dua puluh versi, termasuk dua penulisan ulang major pada v2 dan v3. Bootstrap 2 ditambahkan fungsionalitas responsif ke seluruh kerangka sebagai stylesheet opsional. Sedangkan Bootstrap 3, ditulis ulang pustakanya sekali lagi untuk membuatnya responsif secara default dengan mengutamakan pendekatan seluler.

Bootstrap 4, Pustakanya ditulis ulang untuk memperhitungkan dua perubahan arsitektur utama: migrasi ke Sass dan pindah ke flexbox CSS. Tujuannya adalah untuk menggerakkan komunitas pengembangan web ke depan dengan mendorong properti CSS yang lebih baru, lebih sedikit dependensi, dan teknologi baru pada lebih banyak peramban modern.

Contoh website yang menggunakan Bootstrap; www.jtransmap.com

Bagaimana? tertarik untuk mencoba Bootsrapt pada Project Web anda? silahkan kunjungi situs resminya untuk info lebih lanjut di www.getbootstrap.com . (msrv/mswc)

FRAMEWORK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *